Kamis, 01 Juli 2010

Silsilah Tampubolon

Di tanah Batak ( Sumatera Utara) Tuan Sihubil dikenal sebagai kakek moyang marga Tampubolon. Tarombo adalah tradisi khas Batak tentang kekerabatan. Bangsa Batak membangun kekerabatan berdasarkan pengetahuan silsilah berabad-abad. Di zaman modern kini, Tarombo Tuan Sihubil juga telah dituangkan dengan metode digital dan disajikan melalui internet.
Dengan adanya tarombo yang dituangkan dengan teknology digital kita dapat mengetahui tentang silsilah marga tampubolon dari turun-temurun.
Semoga dengan adanya media kita ini dapat melihat keberlansungan generasi marga tampubolon yang terdiri dari Tampubolon Barimbing,Tampubolon Silaen,Tampubolon Tappulak,Tampubolon Bolahotang,Tampubolon Sibulele dan Tampubolon Lumbanatas.
Keenam tampubolon tersebut adalah generasi dari Tuan Sihubil yang anaknya bernama Tappuk Nabolon dan dari sini anak Tampuk nabolon terdiri dari 3 orang yaitu : Raja Mataniari,Raja Ni Apul dan Raja Siboro.
Anak dari Raja Mataniari ada 2 yaitu : Tampubolon Barimbing dan Tampubolojn Silaen.
Anak dari Raja Ni Apul ada 2 yaitu : Tampubolon Tappulak dan Tampubolon Bolahotang.
Anak dari Raja Siboro ada 2 yaitu : Tampubolon Sibulele dan Tampubolon Lumbanatas.
Semoga dengan sajian singkat tentang Tuan Sihubil ini dapat memberikan suatu pengetahuan tentang silsilah marga Tampubolon terhadap generasinya yang ada hingga kini.

2 komentar:

  1. saya generasi ke 13 kata bapa saya. dari tampubolon lumbanatas ^^

    BalasHapus
  2. Biasanya..., dari cara menuliskan kata-kata (dari kiri ke kanan), dimana , yg ditulis lebih dulu (dari kiri) adalah yg lebih tua.... Jadi , sebaiknya susunan kata-kata ini perlu mendapat perhatian.Tks.

    BalasHapus